SELAYANG PANDANG

Pada tahun 2000an, para alumnus SMAMTA yang kuliah di STAIN(sekarang IAIN) dan UNS ingin membentuk suatu perkumpulan sebagai wadah mahasiswa alumni SMA MTA yang kuliah di surakarta agar tetap sentiasa berada pada frame yang sama walaupun sudah menjadi mahasiswa. Adapun yang melatar belakangi hal tersebut adalah dikarenakan sudah tidak begitu aktifnya kinerja dari KASMAMTA (Keluarga Besar Alumni SMA MTA) pada tahun itu. Sehingga, dari alumni tersebut berusaha mengadakan kajian dikampus untuk tetap menjaga jalinan silaturahim diantara alumni dan tentunya sebagai mahasiswa yang belajar di surakarta. Dalam keberjalanannya, hingga kurang lebih 4 tahun para alumni SMA MTA mengadakan kajian- kajian dikampus, terbukalah jalan untuk harapan- harapan yang telah direncanakan sebelumnya yaitu membentuk forum atau perkumpulan mahasiswa sebagai wadah mahasiswa (yang pada saat itu baru terkhusus kepada alumni SMA MTA) untuk dakwah dikalangan mahasiswa.

Adapun salah satu pemrakarsa terbentuknya perkumpulan tersebut pada tahun 2004 itu adalah Mas Suyamto. Perkumpulan tersebut dimulai dan legal pada 27 Mei 2004 di wilayah UNS dengan nama IMAMTA. Dalam keberjalanannya, dari kampus lain juga ikut membuat perkumpulan tersebut setelah dari MTA Pusat me-legalkan forum itu dengan sebutan IMAMTA dengan pembimbing saat itu adalah Bapak Sujarwo, adapun kampus itu yaitu IAIN kemudian disusul oleh UMS. Maka dari itu, dalam keberjalanannya ada penambahan nama dibelakang IMAMTA, yaitu IMAMTA UNS, IMAMTA STAIN dan IMAMTA UMS. Ada beberapa hal yang membuat terbentuknya nama- nama tersebut, salah satunya adalah tidak terpusatnya kepengurusan IMAMTA sehingga tidak ada arahan yang jelas dari pusatnya.

Setelah kepengurusan dari periode 2004 yang dikomandoi moleh mas Suyamto, kemudian di tahun 2005 dilanjutkan oleh Mas Munir, yang saat itu juga menjadi Ketua Menwa UNS. Adapun kegiatan- kegiatan dari periode Mas Munir adalah kunjungan ke SMA MTA salah satunya. Untuk membekali adik- adik SMA kelas 3 agar tahu jalur masuk kuliah dan strategi- strategi waktu kuliah, selain itu juga ada proker yang diperuntukkan untuk warga juga, yaitu pembuatan jaket IMAMTA yang disosialisasikan ke MTA Perwakilan, kemudian selain itu juga ada buka bersama yang dilaksanakan untuk pengurus IMAMTA, anggota IMAMTA dan Mahasiswa Baru. Pada periode 2005 yang dipimpin oleh Mas Munir, berakhir pada bulan juni 2006.

Tongkat estafeta kepengurusan IMAMTA UNS di musyawarahkan dalam Muktamar I IMAMTA yang diselenggarakan di MTA Cabang Jebres II, dengan musyawarah tersebut kepemimpinan IMAMTA diserahkan kepada Mas Romadhon, dengan agenda tahunan tidak begitu jauh dengan agenda periode sebelumnya namun ada beberapa proker yang begitu terlihat syi’arnya diluar yaitu Talk Show yang diperuntukkan untuk masyarakat umum di Student Center UNS dengan salah satu pembicaranya adalah Bapak Suparno, Ph. D. Selain itu juga, IMAMTA UNS mengadakan outbond sebagai refreshing pengurus. Dilanjutkan pada bulan berikutnya diberi kehormatan dari pihak Asrama Putra MTA Semanggi untuk menjadi Trainer acara outbond di tawangmangu, dan di akhir kepengurusan IMAMTA UNS diberi kepercayaan dari MTA Pusat untuk membantu agenda MTA Pusat dalam rangka 35 Tahun MTA. Pada kepengurusan IMAMTA UNS yang di pimpin oleh Mas Romadhon pada saat itu berlangsung selama 3 tahun, dari tahun 2006-2009. Di akhir kepengurusan, diselenggarakan Muktamar IMAMTA II pada Sabtu, 25 April 2009 dengan agenda laporan pertanggungjawaban kepengurusan dilanjutkan musyawarah untuk menentukan Ketua Umum di periode 2009-2010.

Alhamdulillah setelah musyawarah terpilihlah Ketua Umum IMAMTA UNS periode 2009-2010, beliau adalah Mas Primanda Adi Wibawa (Teknik Sipil Angkatan 2006), pada kepengurusan periode 2009-2010, IMAMTA menyelenggarakan Sambut mahasiswa baru di gedung MTA Pusat Mangkunegaran dan dilanjutkan kajian dan buka bersama yang di isi oleh Ustadz Abdurrahman Suparno dengan peserta kurang lebih 300 peserta, kemudian di akhir periode ini IMAMTA UNS bekerja sama dengan forum silaturahim alumni SMA MTA Surakarta menyelenggarkan EXPO dan BAZAR di SMA MTA Surakarta pada 9-13 juni 2010.

Pada 26 Februari 2011 diselenggarakan Muktamar IMAMTA III dan terpilih ketua umum  baru Saudara Lutfi Zulkifli (Agribisnis UNS 2009) yang memimpin IMAMTA periode 2011-2013. Selama periode ini alhamdulillah IMAMTA telah mengadakan beberapa kegiatan sebagai berikut :

Seminar Nasional SPIRIT (Semangat Pemuda Inspiratif)

Seminar Nasional bertema Kepemudaan yang telah dilaksanakan di Auditorium UNS dan dihadiri 1500-an peserta dari berbagai wilayah.

  1. I-GREEN (IMAMTA Great Event). Buka puasa bersama mahasiswa MTA se-Solo Raya dan sekitarnya. Telah dilaksanakan dua kali pada Ramadhan 2011 dan 2012 lalu dan dihadiri 200-an peserta.
  2. KAWULA (Kajian Wulanan) IMAMTA. Kajian bulanan yang diselenggarakan oleh IMAMTA, terbuka untuk umum. Dilaksanakan setiap pekan kedua dalam satu bulan. KAWULA IMAMTA diampu oleh ustadz-ustadz guru daerah dengan pembahasan topik yang sedang in saat diselenggarakannya acara.
  3. Kunjungan ke SMA MTA dan SMP MTA. Kegiatan kunjungan pengurus IMAMTA ke SMA MTA dan SMP MTA untuk memberikan motivasi pada adik-adik
  4. Forum for Ladies. Forum sebagai media sharing yang khusus diadakan untuk pengurus putri IMAMTA serta mahasiswa MTA pada umumnya. Diadakan setiap dua pekan sekali dan membahas tema-tema pilihan seputar dunia wanita.
  5. Unit Usaha IMAMTA. Unit usaha IMAMTA merupakan program baru yang mulai berjalan tahun ini. Terdiri dari usaha pulsa dan snack yang ditiipkan di kos-kosan. Alhamdulillah untuk tahun pertama hasilnya cukup sukses.
  6. Sambut Mahasiswa Baru. Agenda ini dilaksanakan sekali setiap awal tahun ajaran baru. Tujuannya ialah untuk menyambung silaturahim antara mahasiswa MTA dengan para mahasiswa baru yang juga warga MTA. Selain itu juga untuk memperkenalkan IMAMTA pada para mahasiswa MTA.
  7. Pembukuan sejarah IMAMTA. Kegiatan ini bertujuan untuk menulis sejarah berdirinya IMAMTA dilatarbelakangi belum ada informasi yang akurat mengenai sejarah IMAMTA. Selain itu untuk melengkapi profil dari organisasi IMAMTA itu sendiri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>